Jumat, 15 Juni 2012

Cara Mempertahankan Posisi Artikel di SERP

Cara Mempertahankan Posisi Artikel di SERPCara agar artikel blog bisa bertahan di SERP/page one. Setelah posting sebelumnya mengenai cara agar artikel blog bisa masuk di halaman pertama google, kali ini saya akan memposting bagaimana kita bisa mempertahankan posisi artikel kita di SERP/page one.
SERP, search engine result page
Menurut para ahli seo, jika sobat bertanya apakah ada cara supaya posisi di SERP selalu bertahan jawabannya adalah tidak. Hal ini dikarenakan memang algoritma search engine yang selalu berubah-ubah untuk menghasilkan hasil yang lebih baik lagi bagi para pencari informasi.
Lah terus ini tips apaan? Hehehe, saya bukan ahli seo sob, tips di sini saya lakukan berdasarkan pengalaman pribadi setelah membaca saran para mastah-mastah plus tips memeprtahankan posisi di SERP yang saya anggap masuk akal.
  1. Buatlah judul yang menarik. Yup, usahakan sobat membuat judul yang menarik bagi pengunjung dan membuat penasaran. Logikanya gini, misal blog sobat di urutan 4, tapi karena judul yang membuat pengunjung penasaran maka pengunjung akan mengklik artikel sobat daripada yang berada di urutan pertama. Semakin sering diklik, semakin baik pula posisi blog kita di mata mbah google sehingga bisa bertahan di SERP.
  2. Konten yang berkualitas. Setelah pengunjung membaca artikel sobat maka akan ada penilaian dari pengunjung tersebut, jika artikel sobat berkualitas so pasti bisa membuat pengunjung betah, tambahkan juga internal link ke artikel lain yang bersangkutan dengan anchor text tertarget. Perlu dicatat, algoritma google juga menilai seberapa lama pengunjung berada di blog sobat (Baca: tips meningkatkan pageviews blog) semakin betah ya semakin baik.
  3. Backlink. Tidak bisa dipungkiri, backlink tetaplah menjadi nyawa dari SEO, terutama bagi search engine google. Carilah backlink yang berkualitas dan sesuai dengan topik artikel.
  4. Membuat beberapa artikel sekaligus yang masih berkaitan, misal sobat lagi menulis artikel tentang alexa, maka pecahlah dia menjadi beberapa postingan, misal "mengenal alexa", "menurunkan ranking alexa", "pentingnya alexa", dll. Tapi ingat, tetap berkualitas ya supaya bisa

    mempertahankan rangking atau posisi artikel di SERP

    .
  5. Memperbaiki SEO On Page, silahkan sobat cek skor seo on page sobat dengan beberapa tools yang ada di internet, semakin tinggi skornya semakin besar peluang untuk

    mempertahankan posisi di SERP

    .
  6. Berdoa, jangan lupa ya. Ini mah wajib :)
Mungkin itu saja tips cara mempertahankan posisi artikel di SERP yang saya lakukan, perlu dicatat juga, tips ini tidak berlaku untuk kontes seo. Karena optimasi di kontes membutuhkan banyak amunisi, terutama backlink dan link wheel.

Referensi: http://kamse-upay.blogspot.com/2012/03/tips-mempertahankan-ranking-artikel-di.html

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More